Sabtu, 29 Januari 2011

Memangnya apa DOSA ku..??



Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Bismillaahirrohmaanirrohiim.


(Yaitu) orang-orang yang berdo'a: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka," (Q.S. Ali Imron: 16)

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S. Ali Imron: 31)

Tidak ada do'a mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami [235] dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (Q.S. Ali Imron: 147)

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti. (Q.S. Ali Imron: 193)

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (Q.S. An-Nisaa: 31)

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (Q.S. An-Nisaa: 48)

Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. An-Nisaa: 111)

Dan barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, kemudian dituduhkannya kepada orang yang tidak bersalah, maka sesungguhnya ia telah berbuat suatu kebohongan dan dosa yang nyata. (Q.S. An-Nisaa: 112)

Dan tinggalkanlah dosa yang nampak dan yang tersembunyi. Sesungguhnya orang yang mengerjakan dosa, kelak akan diberi pembalasan (pada hari kiamat), disebabkan apa yang mereka telah kerjakan. (Q.S. Al-An'am: 120)

Katakanlah: "Apakah aku akan mencari Tuhan selain Allah, padahal Dia adalah Tuhan bagi segala sesuatu. Dan tidaklah seorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain[526]. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberitakan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan." (Q.S. Al-An'am: 164)

Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S. Al-A'raf: 33)

Sahabat,
Bagaimana perasaan sahabat setelah membaca dan merenungi setiap ayat diatas??

Sahabat,
Banyak sekali orang yang ketika dilanda suatu masalah, baik masalah yang kecil maupun masalah yang besar, berkata "Dosa apa yang aku perbuat hingga aku dilanda masalah begitu beratnya??", "Emang dosaku apa sih, ko dia selalu menyakiti aku??", "Ya Allaah... Dosa apa aku, sampe2 semua orang yang aku sayangi meninggalkan aku??" "Bla...bla...bla... ???" dan lain lain... Astaghfirulloohal-'azhiim... Alangkah tidak pantas sekali kita mengatakan hal tersebut.

Sahabat,
Tentunya kita tahu jika berkaitan dengan dosa, ada dosa yang dilakukan dengan sengaja dan ada juga dosa yang dilakukan dengan tidak sengaja serta yang tidak kita sadari, yang nampak dan tersembunyi. Dan kita selalu melakukan dosa tanpa kita sadari dalam sehari2 dengan tidak menjaga pandangan (banyak melihat aurat yang tidak halal), tidak menjaga perkataan (banyak menggunjing dengan teman, dengan tetangga). Setiap hari kian bertambah dan kian banyak dosa kita, dari yang sedikit menjadi banyak. Namun jarang sekali kita memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata'ala, jarang sekali kita mengucapkan istighfar, sedikit sekali waktu kita mengingat Allah. Dengan tidak banyak mengingat Allah semakin jauh pula kita dengan Yang Maha Pengampun.
Jadi... jangan salahkan siapa2 jika kita mendapatkan banyak masalah, mendapatkan banyak musibah dan cobaan. Alangkah baiknya kita bermuhasabah atau berintrospeksi diri akan semua hal yang kita lakukan, dan kita banyak-banyak memohon ampun atas semua dosa yang telah kita perbuat.

Sahabat,
Cobaan dan Musibah serta masalah yang Allah berikan kepada kita adalah sebuah cobaan untuk mengukur tingkat kekuatan iman kita kepada Sang Pencipta jagat raya ini. Bukan berarti kita sudah melakukan dosa besar... Seperti halnya sebuah produk, jika ingin dianggap berkualitas tinggi maka pasti banyak uji coba yang harus dilakukan terhadap produk tersebut, apa lagi jika produk tersebut ingin memperoleh kualitas nomer satu. Begitu pun kita sebagai manusia dan sebagai muslim. Pasti Allah akan memberikan banyak ujian untuk membuat kita menjadi muslim yang berkualitas.

Sahabat,
Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah berusaha sekuat tenaga untuk ta'at kepada Allah serta melaksanakan semua hal yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah Yang Maha Besar. Berusaha sekuat tenaga untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan kita berdosa kepada Allah. Dan sebanyak mungkin kita memohon ampun kepada Allah atas semua dosa yang kita lakukan...

Sahabat,
Jadilah muslim yang kuat dan kokoh.. jadilah muslim yang siap dalam menghadapi segala cobaan dan deraan dalam kehidupan di dunia ini. Bekali hidup kita dengan ilmu dan pengamalan...
Semoga Allah senantiasa menuntun kita agar tetap berada dalam koridor Islam. dan Semoga Allah mengampuni semoa dosa kita. Amiinnn...

"MAN JADDA WAJADA !!"

Sahabat,
Semoga bermanfaat dan barokah

Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin.


Wassalamu'alaikum WarohmatullohiWabarokatuh

<'@~  ^_^ !!  (24 safar 1432 H)

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

Sahabat, silahkan tinggalkan komentarnya ya. Syukron.

Membaca Al-Quran

Yang Berkunjung ke Blog ini