Kamis, 29 Juli 2010

Memaafkan...


maafkan aku ya sahabatku.
Salah seorang sahabat sejati muslim bertanya:
 "Assalamu'alaikum shbt, ya akhi saya mau tanya, ap yg haruz Qt perbuat jika ad orang yg membenci Qt bhkan sampai" memfitnah Qt,Syukron wassalamu'alaikum..." 

Jawab:

Wa'alaikum Salam Warohmatullohi Wabarokatuh
Bismillaahirrohmaanirrohiim.


Sahabat,
Coba kita renungkan beberapa Ayat Al-Quran dibawah ini:

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. Dan jika syaitan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
(Fushshilat: 34-36).

“Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-A’raf: 199-200)

Sahabat,
Membalas kejahatan orang lain dengan kebaikan adalah suatu perbuatan yang mulia. dan Allah menyukai hal tersebut. Hanya kebaikan hati yang bisa meluluhkan hati yang keras seperti batu, hanya kebaikan hati yang bisa mengalahkan tajamnya pedang kebencian dan hanya dengan kebaikan hati pulalah Rosululloh dapat berhasil mengubah dunia dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang benderang dengan penuh cahaya Islam tersebar diseluruh Dunia.


Sahabat, 
Berikanlah maaf kita kepada orang yang salah kepada kita. Jika ada orang yang benci kepada kita, maka berusahalah untuk menjadi sesuatu yang orang tersebut sukai dengan berbuat baik kepadanya, bertegur sapa dengannya, selalu menebarkan senyum, dan cobalah untuk memuji setiap kebaikan orang tersebut. Dan cobalah untuk berbicara dari hati ke hati apa alasan orang tersebut membenci kita, mungkin orang tersebut membenci kita karena memang kita sudah bersalah kepadanya, atau ada hal yang kita tidak ketahui tapi menyakiti perasaannya. Dan cobalah untuk selalu berfikiran positif terhadap apa yang terjadi di hidup kita, berfikiran positif terhadap orang lain, berfikiran positif tehadap langkah kaki kita. Dengan berfikiran positif dan berprasangka baik maka hati kita akan tenang dan hidup akan terasa sangat menyenangkan.


Sahabat,
Kunci supaya kita bisa masuk kedalam hati orang lain adalah "Akhlak yang baik" dan "Tutur kata yang lembut". Dan salah satu ciri berakhlak baik adalah selalu menyambung tali silaturahmi dengan semua orang, semua sanak saudara, semua temen, semua sahabat, semua kerabat. Dengan silaturahmi jarak antara kita dan orang lain akan dekat dan akan terjalin sebuah komunikasi yang baik dan jika begitu maka tidak akan ada kebencian dan dendam (Insya Allah), karena setiap masalah yang timbul selalu di bicarakan dengan penuh kebaikan.


Wallohu A'lam Bishshowab.
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Sahabat,
Semoga bermanfaat dan barokah
<'@~ ^_^ !!  (18 Sya'ban 1431 H)

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

Sahabat, silahkan tinggalkan komentarnya ya. Syukron.

Membaca Al-Quran

Yang Berkunjung ke Blog ini