Sabtu, 07 Agustus 2010

Puasa Ayyamil Bidh (Puasa Hari Putih)


Salah seorang sahabat sejati muslim bertanya:

"Assalamu'alaikum wr wb
afwan ya akhi..., mau tanya...,
saya pernah dnger kalo qt disunahkan untuk berpuasa 3 hari setiap bulan'a...,,
dan itu pahalanya sama dengan berpuasa 1 bulan...,
nha yg saya mau tanya, jika kita pengen berpuasa yg 3 hari tsb, niatnya gmana ? Tyuz gimana kalo qt pngen berpuasa 3 hari tsb, tpi qta puasa senin kamis, apakah lbh baik qt puasa 3 hari tsb, apakah tdk usah, cz dh diwakili senin kamis...??
Syukron
wassalamu'alaikum wr wb...."

Jawab :



Wa'alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokatuh
Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Sahabat,
puasa yang dimaksud adalah puasa "ayyamil bidh" atau puasa hari putih, yang dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya (bulan2 qomariyah).

Diriwayatkan daripada Jarir r.a. daripada Nabi Muhammad s.a.w. yang bermaksud: "Berpuasa tiga hari pada setiap bulan adalah puasa sepanjang tahun yaitu puasa pada hari-hari putih - pada hari 13,14 dan 15 (bulan Qamariyah)." (Riwayat al-Nasai dengan sanad yang sohih)

Sahabat,
Segala amal ditentukan oleh niatnya. Niat itu diucapkan didalam hati, menggunakan bahasa apapun niat itu sah, karena Allah Subhanahu Wata'ala Maha Mengetahui. dan melafalkan niat hukumnya sunnah.
untuk niatnya sama saja dengan niat puasa sunnah yang lainnya, yang penting untuk puasa sunnah di dalam niat tersebut harus terdapat 3 hal, yaitu: pernyataan niat (nawaitu/saya berniat), nama ibadah (shauma/puasa), nama macam ibadahnya (ayyamil Bidh/puasa hari putih, isnaini/senin)

contoh:
Nawaitu shauma ghodiin an ada'i sunnatun isnain lilahita'ala (Aku niat berpuasa sunah pada hari senin hanya karena Allah Ta'ala), atau
Nawaitu shouma itsnaiani (aku niat berpuasa senin).

Nawaitu shauma ghodiin an ada'i sunnatun ayyamil Biidh lilahita'ala (Aku niat berpuasa sunah hari putih hanya karena Allah Ta'ala), atau
Nawaitu shouma ayyaamil biidh (aku niat berpuasa hari putih).

Sahabat,
kalau kita ingin malaksanakan puasa ayyamil bidh dan ternyata berbarengan dengan hari senin atau kamis maka pilihlah salah satunya, jangan melaksanakan 2 niat dalam satu ibadah. yang terpenting kita sudah melaksanakan sunnah nabi.


Wallohu A'lam Bishshowab

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Sahabat,
Semoga barokah dan bermanfaat
<'@~ ^_^ !!   (26 Sya'ban 1431 H)

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

Sahabat, silahkan tinggalkan komentarnya ya. Syukron.

Membaca Al-Quran

Yang Berkunjung ke Blog ini